Thursday, January 17, 2008

VMWare dan VMXBuilder, telah menikah disini...

Beberapa hari ini mencoba mencari referensi lewat Goggle tentang penggunaan VMWare, karena Microsoft Virtual PC 2007 Versi 6.0.156.0 sama sekali tidak mau mengenal Linux. Pada saat menjalankan Live CD, semua berjalan normal dan seperti tidak ada masalah. Masalah datang ketika sudah masuk ke menu utama, pointer mouse sama sekali tidak bereaksi terhadap semua gerakan yang dilakukan oleh mouse-nya itu sendiri. Mungkin memang Virtual PC 2007 ini hanya dikhususkan untuk penggunaan Operating System Windows, walaupun pada saat setting pilihan Operating System terdapat Other yang saya asumsikan bahwa Linux juga termasuk didalamnya. Atau bisa juga saya yang memang kurang memahami cara melakukan setting terhadap Virtual PC ini.
Karena sudah sangat penasaran untuk menggunakan Linux tanpa mengganggu semua pekerjaan yang biasa dijalankan melalui Windows, maka perburuan mulai dilakukan. Kalau tidak salah ingat, perburuan ini berawal sekitar 2-3 minggu lalu, berawal dari rumah produksinya di www.vmware.com kemudian baca-baca beberapa tulisan, diantaranya adalah milik boerz, endy, serta irongeek yang berbahasa Inggris yang benar-benar membuat saya harus berpikir ekstra ketika membacanya, antara menterjemahkan kata demi kata sambil meraba-raba maksud yang terkandung didalamnya. Pada waktu itu lagi internetan di warnet, sambil baca-baca akhirnya coba download VMXBuilder dari web site keluarga Petruska, file setup sebesar 607KB dengan enteng disedot. Tapi ketika berada di situs resmi VMWare yaitu www.vmware.com jadi keder juga melihat besarnya file yang didownload sebesar 173MB, setelah sebelumnya mengisi beberapa pertanyaan yang diberikan www.vmware.com. Setelah VMXBuilder selesai terdownload, ternyata belum tersimpan di flashdisk yang telah saya siapkan karena terburu-buru harus pulang.
Agak sia-sia juga usaha yang telah saya lakukan untuk mendapatkannya, tapi paling tidak saya sudah bisa menemukan tempatnya dan bisa mendownload ulang kalau ada kesempatan. Kesempatan tersebut baru datang mulai hari Senin kemaren, sehingga VMXBuilder maupun VMWare berhasil didownload tanpa ada kendala yang berarti.
Permasalahan baru terlihat, ketika saya selesai menginstall VMXBuilder dan mencoba untuk menjalankannya, muncul sebuah pesan dari Windows, "Component 'TABCTL32.OCX' or one of its dependencies not correctly registered: a file is missing or invalid". Merasa ada yang salah ketika melakukan peng-install-an, maka saya coba untuk menginstallnya sekali lagi, setelah sebelumnya sudah saya hapus VMXBuilder yang sudah terinstall. Dan ternyata hasilnya sama saja, bahkan ketika saya coba install di laptop milik salah seorang teman. Mulai meraba ulang, jangan-jangan ada yang salah dengan proses download. Download ulang dilakukan dan hasilnya adalah sama saja alias tidak ada keberhasilan yang diraih.
Sementara untuk install VMWare sama sekali tidak ditemukan masalah, tapi bagaimana VMWare berjalan tanpa adanya file vmx??? Akhirnya mulai berburu file vmx dan menemukannya di irongeek, coba untuk dijalankan, hasilnya sukses.
Hari ini masih penasaran dengan VMXBuilder yang belum sempurna terpasang, maka mulai mencari-cari tentang permasalahan yang terjadi, seperti yang biasa dilakukan yaitu lewat Google. Sebelum mencari via Google, bahkan sempat mengetik e-mail ke Petruska dengan bahasa Inggris yang sangat kacau. Oleh Google ditampilkan kebeberapa web yang menyediakan kata kunci yang saya cari yaitu TABCTL32.OCX, saya langsung kunjungi web yang paling atas ditunjukkan oleh Google yaitu http://www.ocxdump.com yang ternyata memang menyediakan file tersebut dengan gratis.
Akhirnya VMBuilder berhasil dijalankan dengan sempurna, dan VMWare pun akhirnya telah menemukan pasangannya di komputer ini. Selamat berbahagia diucapkan kepada kedua mempelai, semoga segera lahir keturunan-keturunan yang lucu dan cerdas dari kolaborasi antara keduanya.

Link Download :
VMXBuilder
VMWare (yang ini belum tentu bisa menggunakan link ini, karena untuk mendownloadnya diperlukan beberapa isian pada www.vmware.com)
TABCTL32.OCX

Terimakasih diucapkan kepada semua pihak yang telah membantu terjadinya perkawinan antara VMXBuilder dan VMWare dikomputer ini. Tak lupa terimakasih disampaikan kepada Pakdhe Bast, yang ternyata belum memiliki keduanya.

Tenang ae, Pakdhe. Nek gak sempat download, ngko nek aku mulih tak silihi flashdisk-ku....




E-mail untuk Petruska yang batal terkirim :

I have download VMXBuilder from your site. Installing process is work properly and nothing trouble. But, while I open VMXBuilder, appears notice box "Component 'TABCTL32.OCX' or one of its dependencies not correctly registered: a file is missing or invalid" from my operating system (WindowsXP Pro).
What I have to do with this problem?
I am sorry for my unfluently English, but I hope you understand what I mean.
Thanks for the VMXBuilder and help to fix my problem with it.
Regards,



Satu lagi kebodohan yang membelenggu telah lepas...

6 comments:

  1. Mouse yg dipake waktu pasng Linux di MS VPC USB ya.. soalnya emang gitu VPC gak mau kenal sama device2 USB.

    ReplyDelete
  2. Iya, Mas...
    Pencerahan yang sangat bagus, dan juga saya lupa untuk tulis, bahwa VPC 2007 tidak bisa ditambahkan device berupa USB. Sedangkan untuk perkawinan VMXBuilder dan VMWare, kita bisa menambahkan USB.
    Maturnuwun...

    ReplyDelete
  3. dasar pikun penk, trnyata waktu itu kendalaku nggak di dl filenya( file dua2nya ada di kumpulan aplikasiku).Blum smpat brhasil setting harddisk ==>"VMware Workstation cannot open one of the virtual disks needed by this VM because it is larger than the maximum file size supported by the host file system. Some remote file systems do not support files larger than 2 GB, even though the file system on the server might.
    Cannot open the disk 'D:\backtrack\@VMware\BT2@VMWare.vmdk' or one of the snapshot disks it depends on.
    Reason: The file is too large." . Trus tak uninstall saat krisis RAM coz ada 3 file yg slalu di windows process :vmnetdhcp.exe,vmware-authd.exe n'vmnat.exe.
    Tp isuk iki masalah teratasi, tak buat file vmdk default 2 Gb==>DONE.
    note: aku malah yo wes smpat DL "VMAdditions.iso" karo "Virtual Disk Precompactor.iso". Kapan2 nek muleh sharing maneh yo.. 'n sorry atas kepikunanku ( nek gk ngene malah gk ono bahan tulisan qqqq..)

    ReplyDelete
  4. Irit banget, nggawe virtual HD kok mung 2GB...

    Nek gak pikun, koncone yo gak perlu download file 173MB

    Pikun vs Pikun = semua repot...

    ReplyDelete
  5. tmbahan penk,kbetulan aku gk bermasalah ma file TABCTL32.OCX.setahuku(prnah baca di situs yg aku lupa linknya=pikun lgi...)file itu jd sdikit bermasalah ma windows yg genuine n'mgkn baru diinstall krn blum di register(di regedit tp caranya aku gk bisa).Krn lg file2 *.ocx bisa sangat berbahaya. Aku coba cek di c:windows/system32 ku trnyata dah ada tp pas diinstall di windows genuine mslahe sma kyk msalahmu. Jd dgn naruh file TABCTL32.OCX di system32 sama aja dgn meregisternya lwt windows registry.

    ReplyDelete
  6. Klo gak ditaruh di system32, trus ditaruh dimana, Pakdhe???
    Apa bisa langsung terbaca, klo ditaruh difolder yang lain???

    Lagi kepikiran, pengen install BT di VPC 2007, tapi lagi nyari2 adapter PS/2 to USB yang hilang entah kemana. Biar gak perlu beli mouse baru dengan basic PS/2.

    Adoh omah, kudu ngirit....

    ReplyDelete

Monggo klo mo komentar, dijamin gratis...
Walopun juga tidak dapet hadiah, saya sangat berterimakasih apabila anda bersedia berkomentar...
Terimakasih