Friday, October 31, 2008

Supermarket Ramayana Sidoarjo

Ramayana Departemen Store merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Sidoarjo, dikatakan terbesar karena memang Sidoarjo ini bisa dibilang adalah sebuah kota dalam posisi yang serba tanggung. Terlalu dekat dengan Surabaya, menyebabkan kota ini sulit berkembang khususnya dalam hal pembangunan prasarana ekonomi seperti tempat perbelanjaan maupun fasilitas penunjang pariwisata. Keberadaan hotel di Sidoarjo sangat minim sekali, lagian memang tidak ada obyek pariwisata di Sidoarjo, kalau kebanyakan hotel dikhawatirkan akan berubah menjadi hotel esek-esek. :)
Saya baru sekali ini berbelanja di Supermaket Ramayana Departemen Store Sidoarjo, dan ternyata saya sama sekali tidak menemukan kenyamanan dalam hal membuang duit untuk ditukarkan dengan barang yang lain. Bagaimana bisa nyaman, ketika tidak menemukan senyum dari para pegawai Ramayana Departemen Store, padahal mereka selain menjual barang juga harusnya memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumen, sehingga konsumen akan menjadi tertarik untuk kembali berbelanja ke tempat tersebut, Supermarket Ramayana Departemen Store Sidoarjo.
Selain minim senyum, tertawa dengan keras serta cuek terhadap keberadaan konsumen menjadi ciri yang saya dapati ketika malam kemarin mengantar anak dan istri berbelanja di Ramayana Departemen Store. Apalagi ketika saat membeli Keju Kraft Cheddar di Supermarket Ramayana Departemen Store Sidoarjo, ternyata ada label harga yang tertempel pada rak, sama sekali tidak sama dengan ketika akan dibayar dikasir. Pada rak tertulis Keju Kraft Cheddar 200gram dengan harga 19.200rupiah dan Kraft Block 180gram dengan harga 16ribu sekian rupiah, sementara yang tersedia adalah Kraft Cheddar dan Kraft Block, keduanya memiliki berat bersih sama yaitu 180gram. Jika Anda sebagai pembeli, apa yang terpikir ketika menemukan kejadian seperti ini? Kalau saya yang bodoh ini, akan langsung berpikir bahwa Keju Craft Cheddar 180gram yang saya ambil belum memiliki label khusus pada rak tersebut. Tapi dasar namanya pelayanan buruk, seorang pegawai mengatakan bahwa yang tertulis pada label adalah berat kotor dan tidak mungkin untuk juga menuliskan berat bersihnya.
Saya memang ke Supermarket Ramayana Departemen Store Sidoarjo dengan kondisi kumal, rambut gondrong acak-acakan, tetapi bukan berarti saya tidak mengetahui cara pemberian label seperti itu. Saya ini juga pernah sekolah, Mas. Kalau dari selisih harga saya rasa juga tidak ada permasalahan, tetapi akan berapa banyak konsumen yang akan tertipu oleh label Supermarket Ramayana Departemen Store Sidoarjo? Menurut logika saya yang mengenyam bangku sekolah walaupun tidak sampai tinggi sekali, kenapa hanya Keju Kraft Cheddar yang pada label dituliskan berat kotor, sedangkan produk lain tetap mencantumkan berat bersih, seperti yang tercantum pada kemasan. Sebuah alasan yang sangat tidak masuk akal.
Untuk melengkapi kekecewaan saya terhadap Pelayanan Buruk Supermarket Ramayana Departemen Store Sidoarjo, walaupun seorang petugas yang bertanggungjawab telah meminta maaf, tetapi beberapa pegawai masih saja menggerutu bahwa itu adalah berat kotor, maka saya tulis saja kekecewaan saya terhadap pelayanan yang diberikan oleh Supermarket Ramayana Departemen Store Sidoarjo melalui blog. Ada yang membaca atau tidak, itu adalah urusan lain.
Jika ada yang berminat untuk mengetahui kronologis lengkapnya, silahkan untuk membaca Pelayanan Buruk Supermarket Ramayana Departemen Store Sidoarjo.

3 comments:

  1. Saya Juga dari Sidoarjo dan sering berbelanja di Ramayana, saya tidak mersakan satu-pun keramahan dari pegawai Ramayan Sidoarjo....

    ReplyDelete
  2. betul-betul-betul

    ReplyDelete
  3. Benar sekali, saya juga sangat kecewa dengan pelayanan kasir di Ramayana Pasar Kopro Tanjung Duren,Jakarta Barat. Saya tidak diberikan struk saat transaksi dengan alasan mesin printer rusak,pdahal semua mesin POS (cashier) psti ßisǻ di reprint ulang,tetapi kasir tersebut malah marah" dan mengeluarkan brang" yg sudah saya bayar dengan tidak sopan.

    ReplyDelete

Monggo klo mo komentar, dijamin gratis...
Walopun juga tidak dapet hadiah, saya sangat berterimakasih apabila anda bersedia berkomentar...
Terimakasih