Wednesday, October 24, 2007

01017 Angka Bertuah Flexy

Pernah denger tentang tarif Telkom Flexy yang Rp 49,-/menit??? Klo ini rasanya udah banyak yang tahu, karena memang selalu mengembel-embelkan tulisan tersebut pada tiap iklannya. Bagaimana ketentuan berlakunya tarif tersebut??? Klo ini rasanya tidak semua orang bisa menjawab, bahkan untuk pemakai Flexy sekalipun (contohnya saya yang bodoh dalam segala hal, salah satunya Telekomunikasi Selular). Trus apa hubungannya angka 01017 dengan Telkom Flexy???
Sebelum lebaran sempat ngobrol dengan salah satu kerabat yang memang bekerja di PT. Telkom, Tbk. yang memberitahukan tentang penggunaan angka 01017, yang pada saat itu sempat saya catat pada notes yang ada di hape. Dari obrolan tersebut, saya belum bisa menangkap dengan jelas apa fungsi sebenernya dari angka tersebut. Susah memang ngomong dengan saya, yang susah belajar dengan hanya berdasar pada teori tanpa praktek. Akhirnya notes hanyalah notes, tanpa ada kegunaan berarti bagi saya, yang saat ini juga menggunakan Flexy sebagai alternatif CDMA selain Fren (nomor utama).
Tadi malam cek pulsa dulu sebelum melakukan panggilan dengan menggunakan *99# (Aktif, pulsa anda Rp:1950, 26-Oct-2007) , sambil menikmati teh tarik yang selalu disruput dengan nikmatnya oleh Indy. Panggilan yang saya lakukan adalah ke sesama Flexy, harusnya dengan hitung-hitungan Rp 49,-/menit, maka pulsa sebesar Rp 1950,- bisa digunakan untuk panggilan selama kurang lebih 39 menit. Belum ada 1 menit, ada bunyi peringatan, yang waktu itu saya pikir adalah bunyi nada sela atau putusnya koneksi panggilan, saya lihat ternyata panggilan masih tersambung. Tidak lama kemudian, benar-benar terjadi putus koneksi panggilan. Sempat bengong sebentar, padahal pembicaraan belum selesai. Mencoba menghubungi ulang, mendapat peringatan bahwa pulsa tidak mencukupi untuk melakukan panggilan. Cek ulang pulsa, tersisa Rp 130,- Pada saat itu benar-benar merasa terbohongi dengan bahasa iklan, telah memakan mentah-mentah suatu iklan produk, tanpa pernah untuk melakukan pengecekan atau konsultasi kepada pihak-pihak yang berkompeten.
Dengan menggunakan GSM, berkirim SMS bahwa pulsa Flexy telah tandas. Akhirnya dihubungi balik ke Flexy juga menggunakan Flexy, sempat curhat tentang tarif siluman tersebut dan beliau cuma tertawa kecil sambil nanya, tadi melakukan panggilan menggunakan angka 01017 atau gak??? Saya jawab gak, karena pada saat sebelumnya ketika saya buka notes, saya juga gak paham dengan angka 01017 yang saya simpan. Akhirnya beliau menceritakan pada saya, tarif Rp 49/menit berlaku hanya untuk pangilan lokal ke sesama Flexy, dalam satu area yang menggunakan kode area yang sama, sedangkan PSTN alias telepon rumah tidak masuk dalam ketentuan "murah" tersebut. Untuk satu wilayah yang saya juga tidak begitu mengerti istilahnya, mungkin Divre, maka apabila menginginkan tarif murah tersebut atau ingin dianggap sebagai panggilan lokal, maka kita harus menambahkan angka 01017 sebelum kode area dan nomor tujuan. Misalnya 010170351784SAPI.
Saya sempat protes dan berpikiran ini adalah kode spesial untuk orang Telkom, tapi menurut beliau itu tidak benar, karena sudah sering diiklankan dan merupakan cara yang legal.
Lha aku kok gak pernah liat iklan ini??? Salah sendiri, siapa suruh gak liat iklan!!! Liatnya cuman iklan yang mendapat imbalan belum pasti (mudah-mudahan pasti).
Jadi klo ada yang mau dihubungi dalam satu wilayah yang nomornya ganti gara-gara metode combo alias Flexy yang sangat tidak flexyble, maka sebelumnya kita harus tahu nomor baru yang mereka dapatkan di kota lain, untuk bisa melakukan panggilan murah meriah walopun gak sampe muntah.
Akhirnya dari seluruh kebodohan yang selalu saya simpan, sudah terlepas satu. Semoga besok-besok, makin banyak kebodohan yang bisa saya lepas. Mohon maaf klo angka 01017 ini sebenernya sudah sangat populer, atau mungkin untuk beberapa orang sudah bukan merupakan angka bertuah, tapi ini memang sesuatu yang baru bagi saya.

1 comment:

  1. ya lain tau gak,
    1. kalo pas kita gagal menghubungi maka pulsa kita berkurang, karena mereka gunakan untuk mengirimi kita iklam spam yang gak kita butuhin.
    :-(

    ReplyDelete

Monggo klo mo komentar, dijamin gratis...
Walopun juga tidak dapet hadiah, saya sangat berterimakasih apabila anda bersedia berkomentar...
Terimakasih