Thursday, April 17, 2008

AdsTab.com

Salah satu penyedia layanan Paid To Click (PTC) yaitu AdsTab.com sepertinya mulai bertingkah aneh, setelah sebelumnya mereka mengalami trouble pada system mereka sehingga user yang telah register tidak mendapatkan verifikasi melalui e-mail. User yang tidak mendapatkan verifikasi tersebut, tetap bisa melakukan klik iklan atau view ads, seperti layaknya user yang telah ter-verifikasi. Dan setelah system error tersebut diperbaiki, mereka menghapus semua account yang tidak mendapatkan verifikasi tersebut, termasuk penghasilan yang didapatkan dan juga sejumlah refferal yang tergabung dibawahnya. Saya rasa adalah sangat pantas, ketika dari Admin menghapus user tanpa verifikasi tersebut, walaupun salah satu dari user itu adalah saya sendiri. Bisa dikatakan bahwa user tanpa verifikasi ini adalah para pendatang gelap. Setelah register, maka sebelum melakukan verifikasi melalui link yang dikirimkan lewat -mail, maka user tidak dapat melihat iklan atau view ads untuk mendapatkan penghasilan dari sejumlah iklan yang tersedia. Dengan datangnya e-mail dari Adstab.com yang berisi link verifikasi, saya sempat berpikir, system yang error sudah mulai diperbaiki, dan Adstab.com kembali berfungsi dengan normal.
Mulai kemaren (16 April 2008) sampai hari ini, saya tidak dapat masuk ke halaman utama member AdsTab.com, sementara halaman pengaduan juga tidak dapat berfungsi dengan baik. Akhirnya saya memutuskan untuk register pada Forum AdsTab.com untuk melakukan klarifikasi kepada Admin, yang sampai saat ini belum mendapatkan jawaban.
Pada beberapa topik yang ada, Admin melakukan pembekuan beberapa account karena mereka menganggap seorang user melakukan register lebih dari satu kali. Silahkan diperhatikan gambar dibawah ini :

Pada gambar tersebut (klik untuk melihat lebih jelas) sama sekali tidak ada IP yang sama. Padahal dalam FAQ jelas-jelas disebutkan, bahwa account dalam satu rumah diperbolehkan asal menggunakan komputer yang berlainan, bukan IP yang berlainan. Apakah komputer yang berlainan tidak bisa memiliki IP Public yang sama??? Tentu saja bisa!!! Misalnya, dalam satu kantor dengan Local Area Network berlangganan pada satu ISP atau penyedia layanan koneksi internet. Untuk Local Area Network, tentu saja masing-masing komputer memiliki IP lokal, sedangkan ketika mulai merambah internet, maka IP dari semua komputer itu adalah satu (walaupun bisa juga disetting menggunakan range IP, sehingga semua komputer tersebut jika sedang ngluyur di internet akan mendapatkan Public IP sendiri). Atau, misalnya dalam lingkungan rumah tangga memiliki lebih dari satu komputer dan berkoneksi internet menggunakan metode Dial Up. Ketika komputer yang satu tidak terkoneksi atau mungkin sedang mati karena sedang tidak digunakan, kemudian komputer yang lain melakukan koneksi Dial Up, apakah Public IP dari kedua komputer tersebut akan berbeda???
Saya hanyalah user biasa dan semua kewenangan ada ditangan Admin, jadi apapun keputusan yang diambil adalah murni dari tingkat analisa Admin. sapimoto yang bodoh ini hanya mencoba menggambarkan bahwa penilaian Admin terhadap user ganda dengan hanya mengandalkan analisa terhadap IP adalah kurang bisa dikatakan akurat. Sebagian program PTC, malah sudah melakukan penyimpanan data pada registry komputer user, sehingga komputer tersebut tidak dapat dilakukan untuk register atau login pada situs yang sama. Walaupun penyimpanan pada registry tersebut belum bisa dikatakan benar-benar aman dari kecurangan-kecurangan yang akan dilakukan user, paling tidak sudah bisa mengurangi.
Apakah Adstab.com sudah siap membenahi diri, untuk memperbaiki cara pelacakan user ganda??? Kita lihat saja berita berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Monggo klo mo komentar, dijamin gratis...
Walopun juga tidak dapet hadiah, saya sangat berterimakasih apabila anda bersedia berkomentar...
Terimakasih